Tertawa Mencegah Jantung

Sobat,  Olahraga teratur dan diet seimbang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Tetapi tahukah anda bahwa ada sembilan hal lain dapat dilakukan untuk menyehatkan jantung kita ¿

1. Tertawa. Penelitian di University College di London menyebutkan: tawa hangat atau cekikikan mampu melemaskan dinding arteri, menyebabkan aliran darah meningkat sampai 45 menit. Dosis tertawa harian yang disarankan minimal 15 menit lamanya.

2. Mengingat kebahagiaan
Penelitian menunjukkan : mengingat kembali kenangan menyenangkan dapat membantu sistem kekebalan tubuh dan akan memperkuat jantung.

3. Bersyukur
European Heart Journal melaporkan : orang dewasa yang berpandangan positif terhadap kehidupan dapat mengurangi risiko serangan jantung. Rasa syukur membuka kesempatan hidup lebih baik, lebih sehat, dan lebih lama.

4. Cokelat
cokelat mengandung polifenol, zat yang mengurangi radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Hasil penelitian Harvard School of Public Health : mereka yang makan cokelat hingga tiga kali sebulan selama hampir satu tahun tingkat risiko kematiannya menurun, dibandingkan yang tak melahap cokelat.

5. Teh
Flavonoid dalam teh (hijau, hitam, dan putih) dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Flavonoid menjadi antioksidan yang menetralisir keganasan senyawa radikal bebas.Penelitian di Belanda menyatakan: peminum 3-5 cangkir teh per hari risiko terkena serangan jantung dan stroke berkurang 44 persen.

6. Gigi sehat
Kesehatan gigi dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Bakteri dalam penyakit gusi bisa memicu peradangan yang merusak pembuluh darah. Studi di University of California, Berkeley, melaporkan : wanita yang mendapatkan perawatan gigi secara teratur, risiko terkena penyakit jantung dan kardiovaskuler berkurang.

7. Meditasi
Studi di Medical College of Wisconsin mengungkapkan : meditasi 30 menit per hari menurunkan resiko serangan jantung sebesar 50 persen. Studi ini memfokuskan pada meditasi transendental, yang melibatkan posisi duduk tenang – nyaman selama 15 – 20 menit per hari.

8. Tidur
Tidur penting bagi kesehatan jantung, terutama bagi wanita! Peneliti di Universitas Chicago menemukan : hanya satu jam tidur, akan menurunkan kemungkinan pengerasan arteri koroner sebesar 33 persen.

9. Seks
Bercinta merupakan cara meredam stres yang sangat baik. Ia menjadi olahraga bagus, karena membakar 85 kalori selama sesi 30 menit

(Sumber: She Knows /  Diperoleh dari Blog.Indojuncers.Com /Melalui proses editing)

foto: achyarkeren.blogspot

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: