Gosok Gigi Sehatkan Paru-Paru

Memiliki masalah kesehatan pada rongga mulut dapat menyebabkan berbagai penyakit serius, termasuk jantung, stroke, bahkan diabetes. Sebaliknya, bila gusi Anda bersih dan sehat, paru-paru pun akan sehat dan berumur panjang.Journal of Periodontology mencatat menemukan bahwa penyakit gusi dapat meningkatkan risiko untuk berbagai kondisi pernafasan, termasuk pneumonia, infeksi saluran pernafasan atas, bronkitis akut, bahkan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).Dalam studi diketahui bahwa bakteri yang disebabkan penyakit periodontal, yang merupakan peradangan kronis dari jaringan gusi serta tenggorokan atas dan kemudian dapat terhirup ke dalam saluran pernapasan bagian bawah, bisa bersarang di daerah tersebut.

Lambat laun, bakteri itu menghambat pernafasan dan mengakibatkan masalah paru-paru secara serius.  Pasien yang menderita penyakit pernafasan kebanyakan memiliki kesehatan periodontal yang lebih buruk. Inilah yang menjadi petunjuk awal hubungan antara penyakit pernapasan dan penyakit periodontal. Oleh karena itu,  sangat penting  membersihkan rongga mulut dengan tepat, termasuk menyikat gigi setiap hari .

Bagi siapapun sobat yang beragama Islam,  soal pentingnya sikat gigi semacam ini tentu bukan sebagai pengetahuan baru.  Sebab,  nabi telah menekankan tentang arti penting sikat gigi alias bersiwak ini.  Bahkan,  umat Islam disunnahkan untuk bersikap gigi sebelum menjalankan shalat lima waktu.  Jika ajaran tersebut dijalankan,  maka minimal setiap muslim bersiwak (sikat gigi) 5 kali setiap hari.

(Sumber: Siswanto, Lutfi Dwi Puji Astuti  dari VIVAnews/Melalui Proses Editing dan penambahan) .

Sumber gambar : Full-Orange.blogspot.Com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: