Fakultas Hukum Harvard:Surat 4 Ayat 135 Ungkapan Keadilan yang Agung

Sobat,  tahukan anda bahwa Islam sangat menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan? Bahkan,  ajaran Islam menandaskan bahwa :  janganlah kebencian kamu pada suatu kaum menyebabkan kamu berbuat tidak adil pada mereka.  Terkait dengan dimensi keadilan pada Islam ini,  berikut saya nukilkan sebuah artikel super menarik.

prinpip keadilanJum’at, 11 Januari 2013, Fakultas Hukum  di universitas AS terkenal, Harvard, meletakkan ayat 135 surat An-Nisa di dinding pintumasuk utama kampus. Ayat tersebut menggambarkan ekspresi keadilan terbesar di dunia dan sejarah.

Ayat ini ditulis di dinding di seberang pintu masuk utama fakultas tersebut. Dinding tersebut didedikasikan untuk ungkapan – ungkapan yang telah dikatakan tentang keadilan sepanjang zaman. Firman Allah Azza wajalla tersebut adalah:

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ بِالْقِسْطِ شُهَدَاءَ لِلَّهِ وَلَوْ عَلَى أَنْفُسِكُمْ أَوِ الْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ إِنْ يَكُنْ غَنِيًّا أَوْ فَقِيرًا فَاللَّهُ أَوْلَى بِهِمَا فَلَا تَتَّبِعُوا الْهَوَى أَنْ تَعْدِلُوا وَإِنْ تَلْوُوا أَوْ تُعْرِضُوا فَإِنَّ اللَّهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرًا} [النساء: 135]

Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan.” (An-Nisa:135)

Fakultas Hukum Harvard menggambarkan bahwa ayat yang mulia ini merupakan ungkapan yang agung dalam mendeskripsikan keadilan di seluruh dunia dan sejarah. Salah seeorang utusan beasiswa Saudi, Abdullah Al-Jum’ah, adalah orang yang pertama yang memperhatikan ayat yang terpahat ini di didinding gerbang utama Fakultas Hukum, kemudian mempublikasikannya di Twitter. (usamah/islam)

Sobat,  terlepas apakah ayat tersebut terpampang atau tidak di Fakultas Hukum Harvard,  AS,  intinya adalah  Q. S. An Nisa” 135  telah menggambarkan nilai keagungan Islam sungguh tidak terbandingkan dalam rangka menjunjung prinsip-prinsip  keadilan.  Apakah kita telah menegakkan prinsip keadilan ?

Sumber: voa-islam.com–

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: