Waspada Bahaya Angin Malam

Sobat,  tahukah anda bahwa Islam mengajarkan : malam merupakan pakaian (waktu istirahat)   dan  siang sebagai waktu untuk berusaha/bekerja ?.   Pengaturan hidup semacam ini tentu punya konsekuensi,  karena ajaran Islam  adalah buatan tuhan yang benar-benar tuhan,  sehinga Dia paling tahu aturan bagaimana yang paling tepat bagi manusia,  sebagai makhluq ciptaanNya.   Nah,  lantas apa implikasinya jika kita menerapkan pola hidup yang bertentangan dengan sunnatullah ini?  Berikut saya kutipkan sebuah artikel tentang bahaya begadang.

begadang1

Jika kita keluar rumah di malam hari, orangtua sering mewanti-wanti hati-hati pada angin malam. Memangnya apa beda angin malam dan angin siang? Apakah benar ada pengaruhnya pada kesehatan, atau sekadar mitos? Ahli kesehatan dr. Paisal Zain, M Biomed mengatakan, sebenarnya istilah angin malam tidak dikenal dalam dunia medis. Istilah tersebut digunakan masyarakat awam untuk menggambarkan angin yang memapar orang-orang yang keluar rumah pada malam hari. Menurut dia, angin pada malam hari memang mempunyai karakteristik berbeda dengan angin pada siang hari. Angin malam cenderung lebih dingin dan lembap. Faktor itulah yang bisa mencetuskan gangguan kesehatan.

“Selain faktor dingin dan lembap, di malam hari berkeliaran vektor-vektor penyakit seperti nyamuk pembawa bibit penyakit malaria dan penyakit kaki gajah,” jelas alumnus Universitas Hasanuddin dan Universitas Indonesia ini. Tidak hanya itu, lanjutnya, ”orang yang suka keluar malam hari dan tidur larut malam cenderung kurang istirahat. Padahal, tidur malam berperan penting dalam memulihkan kondisi tubuh yang kelelahan sepanjang hari”. Tidur juga mampu mempertahankan daya tahan tubuh tetap optimal, sehingga mengurangi kerentanan terhadap penyakit. Tapi dalam kondisi kurang istirahat, orang yang terpapar angin pada malam hari dengan sendirinya rawan mengalami gangguan kesehatan.

Dokter Paisal menyebut sejumlah potensi gangguan kesehatan akibat paparan angin malam dan vektor-vektor penyakit:
1. Lebih mudah terkena penyakit malaria dan penyakit kaki gajah, sebab mereka mendapat kesempatan lebih besar digigit nyamuk yang berkeliaran di lingkungan luar.
2. Paparan angin malam juga bisa memperparah kondisi penyakit. “Orang yang menderita bronkhitis atau pneumonia (orang awam sering menyebutnya paru-paru basah), angin malam yang dingin dan lembap akan memperberat gejala. Batuk menjadi lebih berat dan sesak napas,” jelas sang dokter.
3. Angin malam dapat memicu timbulnya serangan asma. Suhu dingin dan lembap di malam hari akan menyebabkan saluran napas menyempit dan memproduksi lendir. Akibatnya udara yang keluar masuk menjadi lebih sulit, dan timbul batuk sebagai mekanisme tubuh untuk mengeluarkan lendir dari paru-paru.
4. Tidak hanya memperparah penyakit paru-paru, angin malam juga mengganggu saluran pernapasan atas. “Pada saluran pernapasan atas, angin malam juga dapat mencetuskan peradangan pada mukosa hidung (rinitis) atau tenggorokan (faringitis) yang gejalanya antara lain batuk pilek dan sakit tenggorokan,” urai dr. Paisal.
5. Paparan angin malam dapat mencetuskan serangan akut pada penderita rematik (gout arthritis). Udara dingin bisa menyebabkan sendi penderita rematik membengkak, merah, dan nyeri.
Cukup banyak risiko penyakit yang timbul. Lalu, apa solusi bagi orang yang suka atau terpaksa keluar pada malam hari? Dokter Paisal mengatakan, bila memang harus keluar rumah, berikut yang harus dipersiapkan:

– Kenakan jaket tebal untuk melindungi tubuh dari terpaan angin pada malam hari.
– Mengenakan helm yang menutup wajah (full face).
– Sebisa mungkin menggunakan mobil sebagai moda transportasi, sehingga tidak terpapar angin malam secara langsung.
– Orang yang keluar malam di daerah banyak nyamuk, disarankan menggunakan lotion anti-nyamuk.

Sobat,  meskipun kita telah menerapkan  semua nasehat  tersebut,  sebenarnya begadang secara sunnatullah tetap  kurang menguntungkan bagi kesehatan.  Tentu sobat  masih ingat pada artikel sebelumnya  yang menerangkan bahwa pada malam hari,  ketika kita sedang tidur,  tubuh sebenarnya melakukan detoksfisikasi alamiah bagi dirinya.  Nah,  jika malah hari kita begadang dan melakukan aktivitas  tentu proses itu menjadi terlewati. Oleh karena itu sobat,  hal terbaik adalah : Begadang jangan begadang.

Sumber: Marmi Panti Hidayah/ | Yahoo! SHE –/9 April 2013.

Gambar: IlmudanInformasi. WordPress.Com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: