Jalan Kaki ke Sekolah Bisa Bikin Pintar (Artikel 1)

Sobat,  tahukah anda  bahwa kebiasaan berjalan kaki itu besar sekali manfaatnya?.  Tapi sayang sekali,  kebanyakan kita akhir-akhir ini  sangat malas berjalan kaki.  Hanya untuk menempuh jarak seribu dua ribu meter saja,  kita lebih memilih naik motor ,  angkot,  atau bahkan mobil pribadi.  Alasannya malas ,  capek  dan lain sebagainya. Padahal intinya adalah : manja.  Padahal,   Nabi Muhammad SAW dahulu dikenal memiliki kebiasaan berjalan kaki, sebagaimana ditunjukkan sebuah hadits dari Abu Hurairah RA, dia berkata, “Aku belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan dari Rasulullah; roman mukanya secemerlang matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat beliau. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan. Walaupun kami berusaha untuk mengimbangi jalan beliau. Tapi beliau tampaknya seperti berjalan santai saja.”
 
braoxmaboblogspotJALANKAKIBerjalan kaki bahkan dianjurkan  oleh Rasulullah, apalagi berjalan menuju masjid untuk menunaikan kewajiban shalat berjamaah.Bahkan, semakin jauh jarak rumah seseorang dari masjid, setiap langkahnya (jalan kaki)  akan dihitung sebagaimana tersirat dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab Shahihnya:  “Orang yang paling besar pahalanya dalam shalat ialah yang paling jauh berjalan – menujunya. Orang yang menunggu shalat sampai ia menunaikannya bersama Imam lebih besar pahalanya dari orang yang menunaikannya kemudian tidur. Dalam riwayat Abu Kuraib, “Sampai ia menunaikannya bersama Imam dalam shalat berjamaah.” (HR Muslim).
 
Hadits (ucapan, perbuatan,  sikap) nabi SAW bukan lah merupakan nafsu saja,  tetapi ia merupakan wahyu Allah Ta’ala (in huwa illa wahyun yuuha).  Oleh karena itu,  setiap kita menghadapi sesuatu hadits tentu tidak saja kita lihat syar’inya (hukumnya) saja,  sebab di sebalik itu Insya Allah pasti ada manfaatnya.  Berikut,  saya kutipkan sebuah artikel tentang manfaat jalan kaki,  terutama bagi anak-anak:

Jika jarak sekolah anak Anda tidak terlalu jauh, sebaiknya Anda mulai membiasakan anak-anak Anda untuk jalan kaki ke sekolah daripada Anda mengantarnya dengan mobil atau motor.Sebuah penelitian di Denmark menyebutkan bahwa, anak-anak yang berangkat atau pulang sekolah dengan berjalan kaki memiliki tingkat konsentrasi yang jauh lebih tinggi daripada anak-anak yang dijemput dengan kendaraan bermotor oleh orang tuanya. Temuan ini cukup mengejutkan mengingat para orang tua di Denmark lebih memfokuskan pada menu sarapan sehat untuk mencukupi kebutuhan gizi anak-anaknya, dengan harapan tingkat konsentrasi mereka tetap terjaga selama pelajaran berlangsung.

Sarapan sehat memang memegang peranan penting dalam meningkatkan konsentrasi anak, namun penelitian terbaru mengungkap jika jalan kaki ke sekolah memiliki manfaat yang lebih kuat dalam meningkatkan konsentrasi anak dalam menyerap pelajaran selama 4 jam ke depan. Penelitian ini melibatkan lebih dari 19.000 siswa berusia 5-19 tahun. Para siswa diberikan pertanyaan seputar kebiasaan olahraga mereka, kemudian diberikan tes pengukuran dasar konsentrasi. Hasilnya, tubuh anak-anak tersebut merasa lebih segar setelah berolahraga. Dan yang mengejutkan, efeknya berjalan cukup lama hingga beberapa jam ke depan, termasuk saat anak-anak menyerap pelajaran di kelas.

Hasil penelitian ini diperkuat oleh penelitian lanjutan dari University of Montreal yang menyatakan bahwa, aliran darah dan oksigen yang lebih baik ke seluruh tubuh, terutama di otak, menjadi alasan yang masuk akal tentang bagaimana aktivitas fisik, seperti jalan kaki ke sekolah, dapat membuat tingkat konsentrasi anak meningkat dan membuatnya lebih cerdas.Yuk, biasakan anak-anak jalan kaki ke sekolah dari sekarang. (dan)

Sumber: DuniaFitnes.com – Jum, 22 Mar 2013 10:58 WIB

Gambar: Braoxmabo.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: