Jalan Kaki Menyehatkan (Artikel 2)

jalankartunISLAMEDIA1Sobat,  pada  artikel 1 tentang jalan kaki telah diulas manfaat jalan kaki bagi kecerdasan anak.  Adakah manfaat lain dari jalan kaki ini,  terutama  terhadap kesehatan pada umumnya ? Berikut saya kutipkan sebuah artikel yang membahas manfaat super besar dari olah raga ringan dan murah meriah  ini :

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa jalan kaki santai setidaknya 2-3 km per hari mampu mengatasi berbagai penyakit, namun sangat sedikit yang memanfaatkannya. Berikut 10 manfaat jalan kaki sebagai berikut;

– Menghindarkan dari diabetes tipe 2. Program pencegahan diabetes memperlihatkan, jalan kaki 150 menit per minggu akan mengurangi 7 persen berat badan Anda atau sekitar 7 kg. Lebih penting lagi mampu menurunkan penyakit diabetes hingga 58 persen.

– Memperkuat jantung pria. Dalam sebuah penelitian, tingkat kematian pada pria pensiun yang berjalan kaki kurang dari 1 mil per hari dua kali lebih banyak dibanding mereka yang  menempuh jarak 2 mil per hari.

– Memperkuat jantung wanita. Studi yang dilakukan pada 72.488 wanita memperlihatkan, jalan kaki 3 jam per minggu akan mengurangi risiko terkena serangan jantung atau jenis penyakit jantung lain.
 
– Baik untuk otak. Dalam studi tentang jalan kaki ditemukan, wanita yang berjalan 1,5 jam per minggu memiliki fungsi kerja organ kepala yang lebih baik daripada mereka yang hanya berjalan 40 menit per minggu.
 
– Baik untuk tulang. Riset memperlihatkan bahwa wanita menopause yang berjalan kurang lebih 1 mil per hari memiliki kepadatan tulang lebih baik daripada mereka yang  sedikit berjalan kaki, dan jalan kaki sangat efektif untuk menurunkan kehilangan massa tulang di bagian kaki.
 
– Mengurangi gejala depresi. Jalan kaki selama 30 menit, 3-5 kali per minggu selama 12 minggu, mengurangi gejala depresi.
 
– Mengurangi risiko kanker payudara dan kolon. Wanita yang berjalan secara rutin 65 menit hinga 135 menit per minggu bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara dan kolon hingga 18 persen dibandingkan wanita yang tidak aktif. Studi memperlihatkan, olahraga dapat mencegah kanker kolon. Untuk orang yang telah terkena kedua kanker, olahraga mampu meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi angka kematian.
 
– Meningkatkan kebugaran. Jalan kaki 3 kali per minggu selama 30 menit dapat meningkatkan kebugaran dan sistem pernapasan secara signifikan.
 
– Jalan kaki singkat pun meningkatkan kebugaran. Studi yang dilakukan pada pejalan kaki wanita memperlihatkan, jalan kaki singkat sekitar 10 menit per hari pun punya efek buat kesehatan. Hasilnya akan terlihat pada peningkatan kebugaran dan pengurangan lemak di tubuh, kalau dilakukan hingga 30 menit per hari.
 
– Meningkatkan fungsi fisik. Riset memperlihatkan, jalan kaki bisa meningkatkan kebugaran dan fungsi kerja tubuh serta melindungi tubuh dari penyakit degeneratif pada orang lanjut usia.
 
Nah,  sobat,  mulai sekarang janganlah bersikap manja. Biasakan jalan kaki  apalagi untuk menempuh jarak yang pendek saja.  Mari Bantu pemerintah untuk  hemat BBM yang disubsidi negara.   Mari bantu alam semesta untuk mengurangi polusi akibat asap knalpot motor/mobil kita.   Mari bantu masyarakat dengan ikut mengurangi kemacetan di jalan raya akibat kendaraan yang kita punya.   Mari  bantu keuangan keluarga untuk hemat belanja khususnya belanja  BBM   kendaraan kita.  Mari kita rawat  kesehatan kita dengan terbiasa jalan kaki saja.  Mari…mari…mari…
 
sumber: TabloidBintang.com/Islamedia
Gambar: Sayogand.blogspot.com
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: