Makan pisang atasi perut mulas Ragam

Sobat,  mungkin anda sering mengalami mulas pada perut anda.  Terus terang,  saya paling sering mengalaminya.  Sedikit masuk angin,  pasti akan berimbas kepada perut saya,  mulas rasanya.  Karena sering mengalami hal ini,  maka langsung kutelusuri apa dan mengapa kejadiannya,  dan bagaimana mengatasinya.  Nah,  sekedar tahu berikut saya kutipkan sebuah artikel tentang hal itu,  yang mungkin akan ada bermanfaatnya bagi anda.

Sobat,  semua orang pasti pernah mengalami ini, sakit perut alias mulas saat menjalani aktivitas. Hal ini tentu membuat kegiatan kita terganggu bahkan terhenti. Pasalnya, saat mulas, timbul perasaan ingin buang air, keringat dingin bercucuran, hingga perut terasa melilit.Ternyata untuk mencegah mulas itu mudah dan banyak caranya. Berikut ini sejumlah cara gampang mencegah dan meredakan mulas :
1. Makan Pisang
Pisang dikenal memiliki kualitas tertentu yang membantu melawan keasaman dan rasa mulas di perut. Untuk itu, baiknya Anda biasakan mengonsumsi pisang satu buah per hari.
2. Hindari makan terburu-buru
Semakin lama Anda mengunyah makanan, semakin baik makanan akan dicerna.
3. Makan makanan ringan
Pastikan bahwa Anda makan makanan ringan dan tidak hanya tiga kali makan besar setiap hari. Kesenjangan yang besar antara jarak makan dapat menimbulkan gas di perut. Jika sudah begitu, perut bisa terasa mulas dan kadang melilit.
4. Hindari makanan asam dan pedas
Hindari mengonsumsi makanan seperti acar, mustard, cuka, cokelat, teh, atau kopi secara berlebihan, serta buah jeruk atau jus, minuman berkarbonasi (soda), juga makanan pedas. Kenapa? sejumlah makanan tadi bakal meningkatkan keasaman dalam tubuh dan perut Anda. Pastikan konsumsinya dalam jumlah yang terkontrol.
5. Jauhi salad mentah
Untuk mencegah perut mulas, Anda harus menghindari salad mentah yang di dalamnya banyak mengandung bawang, kol, atau lobak. Pasalnya, ketiga jenis makanan tadi menimbulkan gas di perut dan memicu mulas.
6. Banyak minum
Untuk mencegah perut mulas, Anda harus banyak minum. Minimal, Anda minum 10 gelas air per hari.
7. Madu dan cuka apel
Biasakan untuk mengonsumsi campuran dua sendok teh cuka sari apel alami dan madu mentah dalam segelas air sebelum makan.
8. Hindari makan sebelum tidur
Makan sebelum tidur bisa bikin perut mulas. Hal ini karena perut bekerja di waktu tubuh sedang dalam mode istirahat. Tapi jika Anda merasa lapar tak tertahankan, Anda bisa makan buah semangka, pisang, almond, dan mentimun. Atau, Anda dapat mencoba minum jus mint segera setelah selesai makan.

Sumber: WASPADA ONLINE, 28 Mei 2013

Gambar: terbarudidunia.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: