Kenali Asap Mobil Anda

Sekali lagi,  tentang mobil.  Sobat,  sekedar tahu, berikut saya kutipkan lagi artikel tentang :   pertanda di balik  asap mobil.  Semoga bermanfaat.

SERING kali kita melihat asap yang dikeluarkan kendaraan memiliki warna berbeda. Jika bulan ini berwarna putih, namun tiga bulan kemudian warnanya berubah menjadi kehitaman. Meski memiliki warna berbeda, namun acap kali kita memperlakukan kendaraan dengan cara yang sama. Padahal, perbedaan warna asap menunjukan kondisi mesin kendaraan.

Mekanik dari Bengkel Mobil Karunia Depok, Herdian Sulistio mengatakan, umumnya warna asap knalpot terdiri dari tiga jenis warna. Pertama, asap berwarna putih. Untuk jenis ini, biasanya akibat masuknya antifreeze (coolant) ke ruang silinder. Hal ini menyebabkan mesin membakar coolant yang akhirnya mengeluarkan asap berwarna putih. Jika dibiarkan, dalam jangka panjang, mobil akan mudah kepanasan dan menciptakan kerusakan pada mesin. Karena itulah, segera periksa apakah radiator coolant melebihi batas maksimum. Setelah itu lihat tongkat pengukur oli.

“Jika warnanya berubah menjadi cokelat, segera periksa ke bengkel karena bisa jadi ada kerusakan pada cylinder head atau blok mesin yang retak, sehingga coolant bisa bocor,” ujar Herdi saat diwawancarai Plasadana.com untuk Yahoo Indonesia.

Kedua, lanjut dia, asap knalpot berwarna hitam. Hal ini, bisa terjadi karena tidak sempurnanya pembakaran yang terjadi di ruang bakar. Hal itu diakibatkan oleh filter udara yang kotor, sehingga udara yang masuk menjadi tidak ideal. Alhasil, campuran udara dan bensin tidak tepat. Banyak bensin yang terbuang lewat knalpot dan berwarna hitam. Selain itu, Herdi melanjutkan, bisa jadi asap berwarna hitam diakibatkan buruknya kualitas api dari busi. Dengan begitu, bensin yang masuk ruang bakar tidak terbakar secara sempurna dan sisanya dibuang melalui knalpot. Kemungkinan lain, ucap dia, sensor bahan bakar mengalami gangguan sehingga memerintahkan ECU (Engine Control Unit) untuk menyemprotkan bahan bakar lebih banyak dari yang dibutuhkan. Untuk itu, jika mobil mengeluarkan asap hitam segera periksa komponen penyaring udara, sensor, injeksi bahan bakar dan regulator tekanan bahan bakar.

“Memang dampaknya pada mesin tidak begitu besar, tapi asap hitam menunjukan kendaraan menggunakan bahan bakar secara berlebihan,” papar dia.

Sedangkan ketiga, lanjut Herdi, asap berwarna kebiruan. Warna semacam ini biasanya disebabkan adanya oli yang masuk pada ruang bakar dan ikut terbakar. Masuknya oli pada ruang bakar ini diakibatkan oleh seal yang rapuh atau piston yang telah aus. Dia menyarankan agar pemilik memeriksa oli mobil secara teratur karena oli yang masuk pada silinder bisa membasahi busi. Akibatnya, nyala api menjadi terganggu.

“Dalam jangka panjang, oli yang memenempel di busi bisa menjadi kerak pada ruang bakar sehingga mengakibatkan mesin mudah rusak,” tukas dia.

Sumber: Heru Budhiarto/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: