Tidur di Ruangan Gelap Lebih Sehat

Sobat,   sekedar tahu,  berikut saya kutipkan artikel yang ditulis  dr. Dina Kusumawardhani  tentang manfaat besar  tidur dalam keadaan gelap.   Semoga  bermanfaat.

Tidur merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik walaupun sudah tidur cukup (7-8 jam/hari), bahkan banyak yang memiliki gangguan tidur /insomnia. Salah satu cara untuk medapatkan kualitas tidur yang baik adalah dengan tidur dalam ruangan yang gelap.

Bagaimana bisa begitu?

Melatonin merupakan hormon yang memiliki peranan penting dalam mengontrol siklus sirkadian (siklus bangun-tidur) hormon ini diproduksi oleh kelenjar pineal di otak. Produksi melatonin distimulasi oleh gelap dan ditekan oleh cahaya terang. Secara normal, otak akan memproduksi melatonin setiap hari dan puncaknya terjadi pada malam hari pukul 9 – 10 malam, inilah yang membuat Anda mengantuk. Produksi melatonin terjadi secara regular untuk membuat siklus tidur Anda teratur.

Cahaya yang terang tidak hanya akan menekan produksi melatonin tapi juga akan membuat otak Anda terus bekerja sehingga membuat Anda lebih sulit tertidur. Sumber cahaya yang dimaksud bukan hanya yang berasal dari lampu ruangan, tapi juga termasuk cahaya televisi, layar komputer, handphone, bahkan jam digital. Tidur dalam kondisi terang dapat menekan kadar melatonin dalam darah sampai lebih dari 50%.

Apa manfaatnya?

Tidur dalam ruangan yang gelap memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1.       Lebih cepat terlelap

2.       Memperlambat proses penuaan

3.       Meningkatkan daya ingat dan mencegah penyakit Alzheimer’s

4.       Mencegah depresi dan membuat mood lebih baik

5.       Mencegah kegemukan

6.       Meningkatkan imunitas tubuh

7.       Menurunkan risiko kanker payudara

Apa saja yang harus dilakukan sebelum tidur?

  • Tidurlah tepat waktu, sebaiknya tidur pada jam yang sama setiap harinya.
  • Hindari konsumsi alkohol, kafein dan makanan berat/memiliki kandungan gula yang tinggi.
  • 1-2 jam sebelum tidur: Kurangi cahaya lampu ruangan Anda, hindari penggunaan komputer/handphone, dan duduk jauh dari televisi. Jika Anda sedang membaca, gunakan lampu baca dibanding lampu yang dapat menerangi seluruh ruangan.
  • Saat akan tidur: matikan semua lampu dan sumber cahaya lainnya (termasuk handphone), tidurlah dalam kondisi relaks dengan ruangan yang benar-benar gelap. Gunakan masker tidur (eye mask) untuk menutupi mata jika Anda tidak bisa tidur dalam kondisi gelap.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](DK)

 Sumber: dr. Dina Kusumawardhani/Anggota Dewan Redaksi Medis/Klikdokter.com – 

Gambar : Gallerydunia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: