Ternyata Seorang Introvert Bisa Menjadi Manager Idaman

Sobat,  sekedar  tahu,  ternyata seorang introvert (pendiam,  penyendiri, kurang suka bergaul)  bisa menjadi manajer yang  hebat.  Lho kok bisa ?  Inilah rahasianya.

Sebagai pemilik bisnis Anda tentu harus memilih diantara karyawan Anda siapa dari mereka yang akan memegang jabatan sebagai manager. Lebih dari itu memang banyak hal yang harus Anda lakukan dalam rangka seleksi, termasuk menentukan ingin menggunakan orang dengan kepribadian introvert atau ekstrovert. Cenderung pemilik bisnis akan merasa yakin bahwa manager idaman mereka adalah orang yang berjiwa extrovert, dengan alasan mereka dapat dengan mudah bergaul dan juga bersosialisasi. Sehingga bisa dianggap dapat menjadi pemimpin yang nyaman.

Hal itu benar dalam beberapa kasus, tapi pada kenyataannya seorang introvert bisa bertindak lebih baik pada beberapa situasi saat ia menjadi seorang pemimpin. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang membuat seorang introvert dapat menjadi seorang manager idaman:

1. Mereka akan lebih sering berfikir sebelum berbicara

Hal ini bisa kita bedakan antara seorang introvert dan mereka yang memang pemalu. Sebagai seorang introvert, mereka akan cenderung terlihat lebih tenang dan lebih nyaman dan mudah saat mendengarkan, menyerap informasi, melakukan observasi dan merefleksikan sebelum mulai berkontribusi. Mereka akan lebih banyak mendengarkan sebelum mulai berbicara, dan inilah keterampilan penting yang seharusnya dimiliki oleh seornag manajer. Karena seorang manager harus bisa memastikan setiap langkah yang mereka ambil adalah langkah terbaik untuk dilakukan.

2. Dan mereka bahkan bisa tahu lebih banyak

Beberapa orang akan sulit menyerap seluruh informasi dari kegiatan atau situasi sosial yang sedang ia jalani. Introvert lebih mudah menangkap isyarat dibandingkan dengan ekstrovert, seperti halnya bahasa tubuh, nada bicara dan isyarat dari orang lain. Ketika ini terjadi pada suatu pertemuan, maka seorang introvert akan dengan mudah menyerap informasi dari banyak percakapan.

3. Mereka cenderung tidak membutuhkan stimulus dari luar diri mereka

Ketika Anda berniat mencari seorang manager yang tidak bisa sendirian cukup lama untuk menyusun sebuah laporan, maka Anda bisa mencari seorang introvert. Seorang introvert bisa menyelesaikan pekerjaan sekalipun mereka harus sendirian dan ditempatkan di sebuah ruangan yang tenang. Mereka bisa saja menggunakan waktu sendiri untuk membaca buku, mengurus tugas managerial yang memang harus diselesaikan sendirian, dan lain sebagainya.

4. Mereka dapat dengan mudah memberikan kesempatan orang lain untuk bersinar

Hal ini bukan berarti introvert suka mendapat pujian atau senang mencari perhatian, namun mereka lebih senang melihat anggota tim mereka lebih bersinar. Hal ini penting karena terkadang tidak seorangpun ingin melihat atasan mereka lebih bersinar dan menyerap 100 persen perhatian audiens ketika menghadiri sebuah pertemuan.

5. Empati mereka lebih besar

Seorang introvert akan dengan mudah mengasah kemampuan empati mereka. Mereka dapat menangkap isu – isu penting dengan lebih cepat, seperti sebuah permasalahan yang terjadi pada anggota tim di sebuah departemen. Mereka dapat melihat sebuah masalah dari dua sisi yang berbeda dengan sedikit lebih mudah.

6. Dan introvert memiliki cara lain untuk memberikan perintah

Jika Ekstrovert dikenal memiliki cara alami seperti layaknya seorang komandan dalam memimpin anggota tim, maka introvert memiliki cara mereka sendiri, seperti lebih tenang dan dapat merencanakan sebuah tindakan dengan lebih detail. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan perhatian, tapi introvert tetap memiliki cara mereka sendiri.

Dan ini berarti seorang introvert yang dikenal sebagai pribadi yang lebih tenang dan tidak banyak berbicara juga bisa menjadi seorang atasan idaman. Mereka hanya perlu menunjukkan keahlian mereka dalam berbicara kepada investor atau stakeholder bisnis yang dimiliki.

Sumber: Nelsi Islamiyati – Oct 22, 2014/Mebiso

Gambar: mtaufikhz.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: