Di Balik Manfaat Daun Kemangi

Sobat,  sekedar tahu, berikut saya kutipkan artikel yang menjelaskan manfaat luar biasa dari daun Kemangi,  terutama dalam hal menjaga vitalitas pria,  sebagai anugerah Tuhan yang harus dijaga. 

Sobat,  dikutip dari Wikipedia, Kemangi adalah terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi pepes.Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng. Di Thailand ia dikenal sebagai manglak dan juga sering dijumpai dalam menu masakan setempat. Kemangi adalah hibrida antarspesies antara dua spesies selasih, Ocimum basilicum dan O. americanum. Ia dikenal juga sebagai O. basilicum var. anisatum Benth. Aroma khasnya berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya.Masyarakat Minangkabau menggunakan tumbuhan sejenis kemangi yang dinamakan dengan ruku-ruku yang di dalam Bahasa Thailand disebut sebagai bai kra pao. Ruku-ruku biasanya digunakan untuk memasak gulai ikan dan asam padeh (asam pedas).

Daun kemangi yang sering menjadi lalapan ternyata memiliki manfaat yang besar bagi vitalitas pria. Daun yang berbau harum segar ini bisa mengatasi Ejakulasi Dini Tanpa Hasil (Edi Tansil) yang mungkin diderita sebagian pria. kandungan asam aspartat, apigenin, arginin, dan boron pada daun kemangi sudah diketahui khasiatnya, yaitu sebagai antioksidan yang mampu mencegah pertumbuhan kuman, bakteri, atau bahkan virus.

“Kandungan yang secara spesifik bisa bermanfaat mengatasi ejakulasi dini secara alami yaitu magnesium dan senyawa sineol, eugenol, dan apigenin fenkhona berfungsi,” katanya.Senyawa tersebut berfungsi melebarkan pembuluh nadi, merangsang aktivitas saraf pusat, serta menjaga kestabilan denyut jantung agar aliran darah di seluruh tubuh termasuk organ pria menjadi lancar, sehingga menyebabkan tubuh menjadi rileks dan tenang.Terus, bagaimana cara menggunakan daun kemangi itu? Caranya mudah: cuci bersih segenggam daun kemangi, tumbuk sampai halus, seduh dengan 1 gelas air panas, dan saring. Setelah dingin, minum seduhan daun kemangi tersebut cukup satu kali sehari.

Kemangi juga memiliki banyak manfaat lain. Dari berbagai situs, seperti http://manfaatbuahdaun.blogspot.com/, diketahui daun kemangi juga memiliki banyak manfaat lainnya.

1. Meredakan demam & masuk angin.  Daun kemangi mampu meredakan demam dan masuk angin yang diderita oleh balita. Caranya Ambil beberapa daun kemangi, kemudian diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa, lalu dioleskan ke perut, dada, dan punggung balita.

2. Menyehatkan mata dan mulut. Vitamin A dalam daun kemangi memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi mata, meredakan mata yang stres, dan mencegah gangguan pada mata lainnya. Bukan cuma itu, selain daun mint, kemangi pun punya efek menyegarkan bau mulut jika dikonsumsi.

 3. Melancarkan ASI.Daun kemangi segar dipercaya dapat mencegah bau badan dan bau mulut, serta memperlancar ASI. Anda bisa memanfaatkan sebagai lalap teman makan nasi dan sambal.

4. Anti inflamasi.  Kemangi merupakan agen anti inflamasi yang bertugas menyembuhkan bengkak dan ampuh meredakan radang sendi. Kemangi juga termasuk sumber kalsium yang baik yang dibutuhkan tulang untuk mencegah osteoporosis.

5. Menopouse. Kemangi dapat menunda menopouse karena kandungan Zat triptofan pada daun kemangi bisa menunda monopause. Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi kemangi jika Anda ingin menunda massa menopouse.

6. Mencegah batuk. Di Thailand, kemangi digunakan sebagai bumbu masak. Di India dan sebagian wilayah di Afrika, daun kemangi diseduh menjadi teh. Teh kemangi disajikan pada saat pergantian musim, saat masyarakat setempat mudah terserang batuk, pilek, atau demam.

7. Mengatasi Keputihan. Kandungan senyawa eugenol dalam kemangi dapat membunuh jamur penyebab keputihan. Jadi, saat Anda mengalami keputihan, rajin-rajinlah mengkonsumsi daun kemangi. bisa sebagai lalap atau dicampur dengan makanan lain, misalnya pepes.

8. Merangsang Sel Telur. Daun kemangi dapat membantu proses pematangan sel telur (ovulasi) karena kandungan zat stigmaasterol dalam kemangi merangsang pematangan sel telur (ovulasi).

9. Antiradang. Kandungan zat cineole, myrcene dan eugenol yang terdapat pada daun kemangi berfungsi sebagai antibiotik alami dan antiperadangan.

10. Kesehatan Jantung. Berdasarkan beberapa penelitian, daun kemangi berperan dalam memelihara kesehatan Jantung karena kandungan betakaroten dan magnesium. Keduanya merupakan mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

11. Mengatasi Stroke. Meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke karena kandungan isoflavon pada kemangi dan juga terdapat pada kacang-kacangan seperti kedelai, buncis, kacang polong, dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke.

12. Bagus untuk Perokok.  Para perokok bisa mengunyah daun kemangi kapan saja ketika mereka ingin merokok. Dengan begitu, kekuatan antioksidan mampu memperbaiki sistem yang rusak akibat efek nikotin. Kemangi juga ampuh meredakan stres, mencegah diabetes, dan mengatasi batu ginjal.f

Sumber: Tips Sehat Alami/YouTube/TRIBUNLAMPUNG.CO.ID –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: