Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Yang tinggi

Sobat,  berikut saya kutipkan artikel  tentang cara mudah menurunkan kolesterol tinggi.
SobatKolesterol adalah senyawa yang bertekstur lembek yang terdapat diantara lemak dan pembuluh darah dan disemua sel tubuh. Kolesterol sendiri terbagi menjadi 2 kategori yaitu kolesterol baik (HDL) yang sangat penting peranannya di dalam tubuh, terutama untuk membatu penyerapan asam lemak esensial dan memproduksi hormon-hormon seksual. Yang kedua yaitu kolesterol jahat (LDL) yaitu kolesterol yang wajib dihindari karena kolesterol ini menyebabkan penimbunan lemak dalam pembuluh darah yang bisa memicu timbulnya penyakit jantung.https://dhurorudin.files.wordpress.com/2015/06/0cb8b-72bcara2bmudah2bmenurunkan2bkolesterol2byang2btinggi.jpg?w=570
Selain 2 jenis lemak di atas ada juga Trigliserida yaitu sejenis lemak. Tingginya kadar Trigliseridasering diikuti pula dengan tingginya kadar kolesterol total (HDL dan LDL). Kolesterol bisa di hasilkan dari dalam tubuh dan dari luar tubuh. Berbicara tentang kolesterol, banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Nahhh sebelum kita membahas cara menurunkan kolesterol, kita cari tahu dulu apasih sebenarnya yang menyebabkan kadar kolesterol dalah tumbuh menjadi tinggi.

Penyebab kolesterol tinggi

– Gorengan dan mentega
– Gajih sapi, gajih kambing daging, sapi lemak
– Susu yang berlemak tinggi
– Sosis dan keju
– Kerang kepiting, udang, belut dan siput
– Cumi-cumi
– Telur puyuh
– Otak sapi
– Kuning telur
Jika sahabat ingin terhindar dari kadar kolesterol yang tinggi baiknya sahabat hindari makanan tersebut atau setidaknya menguranginya, selain itu sahabat juga harus menjaga pola makan sahabat dengan gizi yang seimbang. Namun jika sahabat sudah terlanjur terkena kolestero tinggi sahabat harus melakukan hal-hal di bawah ini.

Cara menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

1. Buah dan sayuran

Buah dan sayuran memiliki banyak sekali vitamin dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin dalam buah-buahan dan sayuran dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Buah yang dimaksut disini adalah buah apel,  anggur dan apricot sedangjkan sayuran yang baik adalah kol, bawang putih, dan ubi jalar.

2. Jus lemon

Buah lemon mengandung limonoids yang sangat baik sekali dalam menurunkan kolesterol yang tinggi, selain itu buah lemon mengangdung vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan  yang bermanfaat sekali untuk menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit. Survei telah membuktikan dengan mengkonsumsi jus lemon selama 30 hari dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan signifikan.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak omega 3 yang dapat mencegah penyakit jantung, selain itu omega 3 juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, nahh untuk hal ini sahabat harus mulai terbiasa mengkonsumsi kacang-kacangan seperti  kenari dan almond untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh anda.

4. Teh

Komponen bioaktif pada teh terbukti daoat mencegah terjadinya akselerasi oksidasi kolesterol jahat dalam tubuh. Maka dari itu mulai sekarang sahabat harus mengkonsumsi teh setiap hari untuk megurangi penyumbatan di pembuluh darah yang dapat memicu penyakit jantung.

5. Rutin olah raga

Olah raga selain dapat membakar lemak dalam tubuh juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL hingga 10%. HDL sendiri menangkap kolesterol yang sedang dalam keadaan bebas di pembuluh darah yang kemudian dibawa ke organ hati untuk diproses lebih lanjut.

6. Mengurangi konsumsi lemak jenuh

Seperti yang telah disebutkan di atas penyebab kolesterol tinggi, sahabat harus menghindarinya karena makanan tersebut mengandung lemak jenuh, selain yang telah saya sebutkan diatas, sahabat juga harus menghaindari makanan lainnya yaitu, jeroan, minyak kelapa, santan, pizza, gula dan masih banyak lagi.

7. Banyak konsumsi serat

Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sahabat juga diharuskan banyak mengkonsumsi serat, sahabat bisa menemukan serat di kacang-kacangan, gandum, dan lainnya. Serat dapat mengikat kolesterol dala usu dan mengeluarkannya dalam tubuh kita.
Sobat, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: